Bolos


Sudah sering rasanya hal ini terjadi, bahkan terlalu sering untuk gua ingat-ingat. Tapi kenapa sih ia tak pernah mau belajar dari kesalahannya. Namanya Ari, lebih tepatnya ari sandiego gak tahu sih kenapa bisa ada embel-embel sandiego yang jelas itu julukan dari teman-temannya. Mungkin karena ia sering pake kaos bertuliskan sandiego kali ya, entahlah gak penting juga. Yang jelas dia itu teman dekat gua. gua akuin emang deket sih bahkan bisa dibilang kaya kakak adik. hah? Kakak adek?! Enggak..enggak dia itu temen gua ajah titik. Yang gua masih heran ya. Kenapa di dunia ini masih ada orang yang jujur bahkan jujurnya itu kebangetan, anjrit. Gimana gua gak bilang kebangetan coba orang pas minggu kemarin ajah tiba-tiba dia gak sengaja lihat wajah gua ada jerawat dikit eh dia bilang apa coba ke gua. 
“mel,  ih muka kamu jerawatan.”
 Bilang kaya gitu keras banget. temen-temen gua aja sampe diem beberapa detik trus mukanya tuh pada serius ngeliatin muka gua semua, ya serasa artis dadakan gitu lah. Tapi gila bener. Gua malu bangeeet... banget-banget malah. Emang gila tuh anak, mbok bilang kek pelan-pelan eh malah kenceng banget kaya pengumuman buat se-RT.
yang  lebih parahnya lagi, semalem di pesta ulang tahunnya ferdi, temen sekelas gua. Kan waktu itu gua make kaos lengan panjang karena gua lagi sembunyiin sesuatu di lengan gua yang tidak lain dan tidak bukan adalah penyakit panu gua. sebenarnya malam itu pesta baik-baik aja sampai akhirnya ferdi nyamperin gua.
“eh mel, kenapa pake kaos. Kenapa gak pake gaun kaya yang lainnya.” Kata ferdi menginterogasi.
“emang k..kenapa? Gak boleh ya? Gua Cuma lagi pengen make lengan panjang doang kok.” kataku gugup.
Gua bilang seperti itu biar ferdi gak curiga, tapi salah dugaan gua. tiba-tiba ferdi berkata
“kan gaun juga ada yang lengan panjang.”
Mendengar ferdi bilang kaya gitu gua langsung salting, lagian bego amat gua ya, gua baru inget kalau gaun ada yang lengan panjang. Dan yang gak gua sangka-sangka dan gak gua duga-duga ari nyerobot pembicaraan dan bilang,
“palingan juga buat nutupin panu.”
Gila tuh anak dia ngarang atau udah tahu sih kalo gua panuan? Tapi kan gua belum cerita apa-apa sama dia. Tapi gua harus marah nih.
“eh jangan sembarangan bicara loe!!” kata gua keras sampil nunjuk muka si ARI.
Tapi dasar sial sih akhirnya pas nunjuk dia ngelihat panu gua dan dengan semangatnya berkata.
“ih bener loe panuan ya mel, ternyata ucapan ku bener tadi.”
Asem, gua dibikin skakmat ama dia. Aaa.. malu banget, rasanya malu setengah mati di depan ferdi dan semua tamu undangan  gua dibikin malu. Hancur dah pokoknya kalau kata pepatah tu “hidup segan mati tak mau”. Gua sampe gak tahu harus ditaruh dimana ni muka.
Pagi ini rasanya aku enggan bangun, gua gak bisa bayangin gimana reaksi temen-temen tentang kejadian semalem. Pasti bakal heboh. Sampe beberapa saat terlintas di pikiranku untuk bolos sekolah hari ini dan gua bisa pura-pura sakit biar diijinin gak masuk sekolah ama nyokap. Tidur anteng aja deh di tempat tidur biar meyakinkan nyokap.
“mel, ayo bangun, udah siang”
Yah itulah, siapa lagi kalau bukan suara nyokap. Kaya musik rock di pagi hari, bikin pengeng. Gua pura-pura gak denger  dengan nutupin telinga dengan bantal tapi yang anehnya tuh suara nyokap malah makin kenceng pas gua tutupin. O ow, gua salah, ternyata suara nyokap makin kenceng karena nyokap masuk kamar gua hehehe. Ya terpaksa dah gua harus buaka mata lebar-lebar.
“imel, bangun! udah jam berapa ini?” kata nyokap ke gua.
“ma, imel gak berangkat dulu ya, imel lagi gak eenak badan.”
Nyokap langsung megang kening gua, wah dia pasti tahu nih kalo gua ngebohong.
“oh, kamu lagi sakit ya?” kata nyokap dengan nada halus seperti pas lihat gua sakit beneran.
“imel sastra lina permana?”
“iya mama?”
   “mending kamu bangun sendiri atau mama yang bangunin tapi pake air seember? mau?!” tambah nyokap dengan nada mengancam.
Yah terpaksa deh, dari pada disiram ntar malah berantakan kamar gua. huh dasar nyokap mulutnya manis eh tak tahunya berduri. Pake ngancem lagi.

Akhirnya gua terpaksa berangkat denga feel yang enggak karuan. Mo berangkat malu tapi kalo gak berngkat mau kemana coba. Ah pilihan yang kedua kayaknya asik tuh, gua gak usah berangkat  kesekolah, tapi gua harus kemana? Males juga sih kalo gak ada tujuan. Coba aja deh siapa tahu bisa dapet kebahagiaan dari bolos sekolah. Ngomong-ngomong ini adalah kali pertama gua bolos. Gua mau tahu gimana rasanya jadi anak yang rajin bolos kayaknya enak, tapi gak asyik kalo sendirian. Dan gua mutusin buat bolos bareng Ari, pertamanya sih dia gak mau tapi aku maksa sampai akhirnya ia mau bolos bareng aku.
“mel, kita mau kemana sih? Enakan sekolah juga.” Kata ari protes.
“udah kamu ikut aja, itung-itung loe nyicil maaf karena loe sering bikin gua malu.” Kata gua nyolot.
“tapi kan yang aku bilang itu bener.” Protesnya lagi.
“iya tapi kan loe udah bikin malu gua, udah diem ikut ajah.”
Dengan cepat, bahkan secepat kilat gua dan ari kabur dari ganasnya lingkungan sekolah yang sewaktu-waktu bisa menetawakan gua. pertama emang gua bingung harus kemana melakukan pelarian ini karena gua baru pertama kali ngelakuin ini. Pas gua tanya sama Ari pun ia bingung mo kemana. Tak lama kami tanpa tujuan akhirnya terbesit di pikiran gua untuk pergi ke mall yang gak jauh dari sekolah. Tanpa gua sadari ternyata ini udah waktu istirahat sekolah, gua ngelihat Bu shinta, Bu shinta adalah guru baru di sekolahanku yang gemar banget dengan yang namanya shopping. Bagaimana gak coba, pas istirahat sekolah aja sampe di sempet-sempetin shopping barang-barang yang gak jelas kaya gitu.
“Ari, coba noh lihat bu shinta.” Kata gua pas ngelihat bu shinta natap tajem ke arah gua.
“terus kita gimana?”
“yaelah, masih tanya gimana ya udah kita kabur ajah. Cepet!!”
Apes lagi, Bu shinta ngeliat gua sama Ari sedang ngelihat pakaian. Dengan membawa berbagai pakaian, Bu shinta nyoba mengejar gua sama Ari. Gua lega  karena bu shinta bawa pakaian banyak dan belum membayar akhirnya di cegat oleh para satpam.
“hahaha, rasain loe. Makanya jangan nyoba ngejar gua.” kata gua senang.
Gua sama Ari dengan cepat mencari tempat yang aman. Pas lewat tempat pakaian yang lain Ari malah berhenti.
“ kenapa loe ri?!” kata gua heran.
“ kita ngumpet di sana aja.”
“ tapi itukan ruang ganti. Pasti gak boleh lama-lama.”
“udah dari pada kita ketahuan?”
Tanpa pikir panjang gua langsung masuk ke sana. Buset pas gua masuk ada seorang ibu2 di dalem. Spontan gua kaget tapi gua gak peduliin itu yang penting gua aman. Tapi ibu itu malah teriak-teriak gak karuan. Akhirnya gua gak tahan dan keluar dan menyeret Ari buat keluar dari mall ini. Pas sudah  dekat dengan pintu keluar gua gak sengaja nabrak cowok yang berperawakan gendut sampe gua terjatuh. Sontak gua langsung marah.
“ech loe kalo jalan pake mata dong.” Kata gua kesel.
Tapi cowok itu terdiam dan ngeliatin muka gua dengan serius. Dan gua langsung berkata.
“kenapa? Loe naksir ama gua.” kata gua GR.
Ech tak di sangka-sangka cowok itu malah teriak kalau gua telah memperkosa dia. Sarap ni orang emangnya gua cewek apaan. Gua hajar tuh orang gak ngerti masih sadar ato pingsan yang jelas gua langsung kabur setelah mukul dia. Gua harap dia gak nyariin gua lagi. Massa iya cewek merkosa cowok, cape dech. Apes banget gua hari ini gara-gara bolos sekolah. Hah kapok gua telah ninggalin sekolah cuman karena alasan yang gak jelas dan belum tentu terjadi.

Tek terasa hari sudah menarik matahari untuk istirahat. Dan gua hanya bisa menikmati penat yang gua peroleh sedari pagi. Dan gua haraap esok gak akan pernah lagi terjadi acara gua bolos sekolah dan gua harap itu juga terjadi pada temen gua Ari.
Esokan harinya gua berangkat sekolah seperti biasa. Dengan lagak gua yang kata orang memiliki karisma hehehe. Baru saja gua duduk tiba-tiba seorang guru nyari gua. gua kira Bu shinta yang nyariin gua ternyata pak syakib yang nyari gua. gua langsung keruangannya dan duduk di hadapan pak syakib. gua heran kenapa malah pak syakib si guru BK yang nyariin gua, Kok bukan Bu shinta yang sok kecakepan itu?
“apa kamu bilang?”tanya pak syakib padaku.
“oh, gak apa-apa kok.”
apa pak syakib bisa denger apa yang gua pikirin ya, ah gak mungkin.
“jadi bapak memanggil kamu kesini karena kemarin kamu sama Ari bolos sekolah, dan bapak ngerti semua ini dari pengakuan Ari. Dan bapak akan menghukum kamu menulis kata saya tidak akan bolos lagi sebanyak 10 kali.” Kata pak syakib panjang lebar.
Huh Dasar Ari, kalo jujur terlalu jujur banget. Anjrit. Sekarang gua disuruh nulis lagi sama si brewok ini haaaaah...
“apa kamu bilang?”
“eh gak, saya gak bilang apa-apa kok.”
Berarti pak syakib bener bisa denger yang gua pikirin. Wah jangan sampe ia tahu kalo gua lagi ngejelekin dia.
“bapak tahu kok!”
Aaaaa... Gawaaaaaat.

tamat
Previous
Next Post »