Tutorial : Instalasi mikrotik RouterOS

Hai sahabat, ketemu lagi bersama saya. semoga tetep aseek! udah lama gak ngeblog dan akhirnya ada lagi nih waktu buat update. walau mesti harus nyolong-nyolong waktu cari kesempatan pas ada laptop tetangga yang nganggur. ya udahlah gak penting.
kali ini saya akan membahas tentang instalasi mikrotik, sahabat. semoga bermanfaat buat sahabat sekalian. gak perlu banyak bacot, langsung aja sikat:
1. pertama siapin CD instalasinya sahabat. atau bisa download ISOnya sobat cari aja di google, banyak kok yang nyediain.
2. selanjutnya setting bios seperti instalasi OS pada umumnya.
3. restart komputer dan tunggu sampai tampilan muncul seperti di bawah ini.
4. mulailah proses instalasi mikrotik, sahabat. pilih semua fitur dengan menekan tombol "A". ini akan secara cepet memilih semua fitur, di mana fitur yang dipilih akan terdapat lambang [x] seperti di atas.
5. setelah semua terpilih, langkah selajutnya tekan tombol "I" untuk memulai instalasi mokrotik.
6. selanjutnya akan dihadapkan pertanyaan apakah sahabat akan tetap menggunakan konfigurasi lama atau secara bahasa inggris  menjadi seperti ini "Do you want to keep old configuration?" tekan tombol "N" untuk menggunakan konfigurasi yang baru.
7. kemudian akan muncul pertanyaan apakah anda akan tetap melanjutkan. kembali menjadi versi inggris "Continue ?" tekan tombol "Y" untuk tetap melanjutkan.
8. tunggu beberapa saat sampai proses creating partition dan formating disk selesai, ya sahabat.
9. setelah proses selesai. keluarkan CD instalasi yang terdapat  pada CD room kalian, kemudian tekan tombol "ENTER" pada keyboard untuk restart.
10. Setelah restart maka kalian akan diminta untuk memasukan user name dan password, maka pada bagian "username : admin" dan pada "password :" kosong kan saja.
11. Jika berhasil maka akan muncul gambar tampilan awal mikrotik (lihat gambar dibawah ini). Menandakan anda telah berhasil menginstal mikrotik
12. proses instalasi mikrotik RouterOS telah selesai. Mikrotik ini hanya bisa digunakan dalam jangka waktu 24 jam, sahabat. karena kalian masih menggunakan versi trialnya. Untuk bisa membuatnya full version menggunakan lisensi level 6, perlu dilakukan registrasi lisensi dulu. File lisensi level 6 nya sudah ada di paket ISO sebelumnya. Silakan cari file nya.

sekian dari saya sahabat. semoga memberikan manfaat bagi kalian semua. sahabat, sampai ketemu di lain waktu ya. 

Previous
Next Post »