Ilusi optik

Ini ceritanya berawal dari ketertarikan saya dengan setiap hal yang berhubungan dengan visual atau penglihatan manusia entah itu lukisan, pentas drama, graffiti dll. dan kali ini saya dibuat penasaran dengan yang namanya ilusi. Pertama tahu, tepatnya sih tertarik pada ilusi itu ketika saya melihat aksi seorang magician(pesulap), sebelumnya saya sudah tahu kata"ilusi" cuman kurang tahu apa toh wujud ilusi itu? dan baru tertarik mecari tahu kata itu setelah melihat pesulap itu bermain dengan teknik ilusi yang mampu membuat saya kagum. pas pertama lihat si awalnya saya biasa saja tapi setelah melihat klimaks dari teknik dari si magician itu saya jadi mulai bertanya "kok bisa ya?"

menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ilusi diartikan sebagai 1(n) sesuatu yg hanya dl angan-angan; khayalan; 2 (n) pengamatan yg tidak sesuai dng pengindraan; 3 (a) tidak dapat dipercaya; palsu 
ada juga yang mengartikan ilusi merupakan suatu persepsi panca indera yang disebabkan adanya rangsangan panca indera yang ditafsirkan secara salah. Dengan kata lain, ilusi adalah interpretasi yang salah dari suatu rangsangan pada panca indera.
Setelah dipusingkan oleh pengertian ilusi, saya mencoba mencari dengan keyword "ilusi" di alat pencari google dan ternyata saya tertarik dengan yang namanya ilusi optik (optical illution). apasih ilusi optik itu? kita lihat contoh gambar dibawah ini

ini merupakan tampilan dari samping kanan gambar

ini dari depan dengan menyesuaikan angle
ini dari samping kiri gambar.

*gambar buram karena diambil malam hari pake kamera ponsel

menarik bukan?!gambar dengan kertas terlipat bisa terlihat proporsional lewat angle yang telah di perhitungkan.
ini ulasan sedikit tentang ilusi optik:
Ilusi optik dalam pengertian sederhana bisa diartikan tipuan mata. Menurut Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan, ilusi kata berasal dari bahasa Latin "illudere" yang berarti "untuk mengejek." Illusions bekerja dengan menipu atau mengejek mata dan otak untuk berpikir bahwa mereka melihat sebuah objek berbeda dari kenyataan yang sebenarnya objek.

Kabar baiknya di jogja ada tuh pameran lukisan yang mengusung konsep ilusi optik ini, namanya museum "De Mata" trick eye 3D, tepatnya di basement XT Square Jl.Veteran, Umbulharjo, Yogyakarta. info lengkap googling aja hehe...

itulah kiranya hal yang membuat saya tenarik kali ini.
Previous
Next Post »