Papercraft

        Papercraft?! Yah, Bagi sebagian orang pasti bertanya-tanya “apa sih papercraft itu?”. Papercraft merupakan seni merakit kertas membentuk berbagai model 3 dimensi dengan media kertas. Banyak model yang bisa dibuat dengan papercraft diantaranya action figure, alat transportasi, replika gedung, avatar, dan masih banyak lagi. Hampir semua hal di dunia ini dapat di wujudkan dalam bentuk papercraft. Banyak sebutan bagi seni  dengan nama asli 3D papercraft ini, ada yang menyebutnya dengan sebutan paper replika, papermodel, yang pasti semuanya itu menuju ke seni yang satu ini. Diperlukan beberapa teknik  untuk merakit papercraft yaitu memotong, menggunting, melipat dan mengelem. Sebenarnya masih banyak lagi tetapi Cuma itu yang yang paling dasar yang harus dikuasai.
papercraft memiliki beberapa tingkatan kesulitan, mulai dari yang mudah sampai tingkatan yang paling sulit. Dengan adanya tingkat kesulitan yang beragam inilah yang akhirnya membuat para penggemar papercraft makin tertantang untuk terus mencoba dengan level yang lebih sulit. di indonesia sendiri sudah mulai banyak yang menggemari hobi yang satu ini guys. Salah satunya yaitu mereka yang tergabung dalam komunitas paper replika indonesia atau yang biasa disingkat dengan PeRI.
Terus apa yang kita dapat dari papercraft? Selain dapat hasil replika yang kita inginkan, kita juga mendapatkan hal yang lebih penting dari itu. Okey guys mari kita simak satu-persatu.
Pertama, papercraft dapat melatih konsentrasi kita. Konsentrasi ini diasah melalui berbagai macam tingkat kesulitan pola, terutama pada tingkatan yang sulit. Ingat ya guys, sulit bukan berarti tidak bisa. Hanya saja butuh tenaga ekstra untuk mewujudkannya. Berarti semakin sulit tingkat kerumitan semakin banyak pula konsentrasi yang kita butuhkan saat merakit papercraft terutama saat pemotongan pola.
Kedua, lewat papercraft kita bisa melatih tentang ketepatan dalam menangani benda yang kecil dan  rumit. Dalam perakitan papercraft, saat memotong pola haruslah tepat apa lagi pada bagian yang kecil dan rumit. karena kesalahan sedikit saja bisa berpengaruh besar antara sambungan yang satu dengan yang lain.
Ketiga, papercraft mengajarkan kesabaran. Ada kalanya dalam perakitan papercraft yang memiliki berbagai level kesulitan ini dibutuhkan kesabaran extra. Tak hanya melulu pada tingkatan sulit, tingkat mudah sekalipun terkadang kesabaran itu sangat diperlukan terutama bagi seorang pemula atau yang baru mencoba seni yang satu ini. Papercraft pada tingkatan sulit bisa memakan waktu yang cukup lama guys, tidak cukup dalam satu, dua hari, kadang bisa tiga hari bahkan lebih. Itulah mengapa kesabaran itu penting diterapkan disini.
Keempat, papercraft mengajarkan kita menghargai kerja keras. Memang papercraft ini bukan sepenuhnya hasil jerih payah kita karena ada pihak ketiga yang menyediakan pola untuk dirangkai. Meski yang kita lakukan ini hal yang bisa dianggap sederhana tetapi kepuasan lewat model hasil rangkaian sendiri akan membuat kita lebih ingin memeliharanya sebaik mungkin. Walau sederhana kepuasan itu tetap ada, bukankah hal yang besar juga dimulai dari hal yang sederhana. melalui beberapa tahap yang sangat menantang ini kita akan tahu apa itu kepuasan atas kerja keras kita.
Kelima, papercraft mengajarkan impian. Lewat langkah dan proses serta sebuah tujuan yang sudah tergambar jelas tentang apa yang kita lakukan akan membawa kita pada kesungguhan dalam menjalaninya. Meskipun dalam pemeliharaan terbilang cukup sulit karena terbuat dari kertas yang bisa saja hancur kapan saja, disitulah kita akan berusaha keras menghargai dan memelihara dengan baik. Begitu pula dengan impian. Sesulit apapun rintangan yang kita hadapi akhirnya akan ditempuh juga demi sebuah mimpi yang telah tergambar jelas. Dan akan menjaga mimpi itu dan melapisinya dengan keyakinan.
            merasa tertantangkah anda? Apabila jawaban itu iya, jangan cuma bengong aja. Mudah kok cara mendapatkan pola papercraft. Pola papercraft bisa di download di situs web Julius perdana di http://www.paper-replika.com. sebenarnya masih banayak web yang menyediakan pola papercraft, googling aja pasti ketemu kok. Beberapa model papercraft seperti tokoh anime, replica pesawat, transportasi dan masih banyak lagi bisa anda jumpai di situs web tersebut. Semoga bermanfaat bagi anda.
Previous
Next Post »